Credit Transfer di National Dong Hwa University (NDHU), Taiwan Oleh Andri Jamaul Rifiyani Mahasiswa FKIP UNISMA Malang

Viewed: 294 times.  

Sebelumnya saya sangat bersyukur karena mendapatkan kesempatan berharga dapat mengikuti program pemerintah yang sangat bergengsi, yaitu Program Transfer Kredit Luar Negeri yang diselenggarakan secara langsung oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan  Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI). Program Transfer Kredit Luar Negeri ini merupakan program Students Exchange antara Universitas Islam Malang (UNISMA) dan perguruan tinggi ternama di Taiwan, National Dong Hwa University (NDHU) yang berlangsung dari tanggal 2 September 2019 sampai 14 Januari 2020. Bisa dikatakan, satu semester belajar di NDHU, Taiwan bukanlah hal yang mudah dan juga tidak sulit, artinya dibutuhkan waktu, mental dan pengetahuan yang cukup untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan baru yang sangat jauh berbeda dengan Indonesia.

Belajar di National Dong Hwa University (NDHU) memberikan pengalaman dan pengetahuan yang sangat berharga. Mulai dari profesionalitas dosen pengajar di sini, hampir beberapa dosen pengajar di fakultas bahasa Inggris yang ada di NDHU terkesan dengan keberadaan mahasiswa internasional dari Indonesia. Dikarenakan mahasiswa UNISMA merupakan mahasiswa pertama yang mengikuti program pertukaran mahasiswa di fakultas tersebut. Tetapi itu semua tidak menjadikan saya sebagai mahasiswa pilihan, artinya tidak ada perbedaan antara mahasiswa lokal dan internasional. Dosen pengajar menunjukkan profesionalitasnya dalan mengajar di dalam kelas maupun di luar kelas.

Ayo Kuliah dan Daftar di UNISMA Malang sekarang!

Pendaftaran bisa melalui online: http://pmb.unisma.ac.id/

Dengan mengikuti program Transfer Kredit Luar Negeri ini, saya mendapatkan banyak sekali manfaat, salah satunya adalah mendapatkan manfaat belajar bahasa asing, yaitu bahasa Mandarin dan budayanya secara langsung di negara ini. Mahasiswa di NDHU adalah mahasiswa dari berbagai negara di belahan dunia, sehingga akan mudah untuk menjalin jejaring antar mahasiswa internasional. Selain itu, kegiatan non-akademik juga saya ikuti, seperti menjadi volunteer dalam kegiatan bergengsi di Taiwan yaitu TICA (Taiwan International Cooperation Alliance) CUP yang diselenggarakan oleh ICDF (International Cooperation and Development Fund) setiap satu tahun sekali. Saya sangat beruntung bias menjadi bagian dari kegiatan besar tersebut yang kebetulan dilaksanakan di NDHU. Tidak hanya itu, saya juga mengikuti kegiatan sosial yang dilaksanakan PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) NDHU dan kegiatan agamis yang dilaksanakan FORMMIT (Forum Mahasiswa Muslim Indonesia di Taiwan) TIMUR seperti rutinan kajian islam dan ngaji bersama. Kegiatan kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi saya untuk mengisi waktu luang, sehingga keberadaan saya di sana tidak rugi dengan kegiatan akademis saja.

Andri Jamaul Rifiyani sedang melakukan Presentasi

Ayo Kuliah dan Daftar di UNISMA Malang sekarang!

Pendaftaran bisa melalui online: http://pmb.unisma.ac.id/

Banyak hal yang saya dapatkan selama program transfer kredit luar negeri di  Taiwan. Rasa syukur dan terimakasih saya sampaikan yang sebesar besarnya kepada UNISMA, KEMENRISTEKDIKTI, NDHU, PPI NDHU, FORMMIT TIMUR, teman, dan keluarga yang selalu mendukung secara positif dalam kegiatan ini. Harapan saya untuk mahasiswa yang belum mengikuti program ini adalah agar supaya berusaha dan belajar lebih giat lagi sehingga kesempatan emas seperti ini dapat menghampiri.

  • Penulis Andri Jamaul Rifiyani adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Malang (UNISMA) peserta Program Credit Transfer di National Dong Hwa University, Taiwan
  • Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi http://www.kui.unisma.ac.id
  • Popular Article atau Rubrik Opini http://www.kui.unisma.ac.id adalah terbuka untuk umum. Panjang naskah sekitar 500-600 kata (berbahasa Indoneisa atau bahasa Internasional). Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  • Naskah dikirim ke alamat e-mail: kui@unisma.ac.id
  • Redaksi berhak tidak menanyangkan opini yang dikirim.
Need Help? Chat with us