Merdeka Belajar: Fakultas Ilmu Administrasi UNISMA Malang Gandeng UNISSA Brunei Darussalam

Viewed: 99 times.  

Oleh: Dr. Hj. Rini Rahayu Kurniati, M.Si dan Dr. Afifuddin, S.Ag., M.Si*

Sinergi FIA UNISMA dengan UNISSA Brunei Darussalam terwujud dengan Students Exchange yang didalamnya juga terdapat internship Program. Kegiatan tersebut yang dilakukan pada tahun lalu merupakan kerjasama yang mewujudkan MoA antara FIA UNISMA dengan UNISSA yaitu: Strategic Planning and Development Office, Faculty of Islamic Development, Halalan Thayyiban Research Centre dan Faculty of Islamic Finance. Kegiatan program ini berupa: (1) Workshop at Darussalam Enterprise. (2) Research Presentation, (3)  Research Publication. (4) Students Product Exhibition.

Menghadapi tantangan global yang merupakan tantangan nyata dalam kehidupan ini, sangat penting bagi banyak pihak untuk mengatasi persaingan global. Terkait globalisasi tersebut maka perlu kiranya untuk melanjutkan kerja sama yang telah dirintis oleh Rektor Universitas Islam Malang (UNISMA) Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si yang mewujudkan MoU dengan Universitas Sultan Syarif Ali (UNISSA) Brunei Darusalam. Di era digital, revolusi industri 4.0, mahasiswa memerlukan berbagai informasi yang merupakan salah satu kelebihan dalam menghadapi persaingan global. Salah satu cara untuk menghadapi hal tersebut Dekan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UNISMA Dr. Rini Rahayu Kurniati, M.Si bersama tim melakukan Students Exchange yaitu kunjungan akademik ke Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) Brunei Darussalam.

Pertemuan di Halal Center

Tim ini terdiri dari 8 mahasiswa yaitu 3 mahasiswa dari jurusan Publik: Difan, Anja dan Amin Fajar serta 5 mahasiswa dari jurusan Bisnis: Fikri, Diva, Naini, Lia, Taurisa serta didampingi oleh pimpinan fakultas yaitu: Dekan FIA, Dr. Rini Rahayu Kurniati, M.Si, WD 2: Retno Wulan Sekarsari, SAP, MAP, M. Pol. Sc, WD 3: Dr. Afifuddin, S.Ag, M.Si.

Ayo Kuliah dan Daftar di UNISMA Malang sekarang!

Pendaftaran bisa melalui online: http://pmb.unisma.ac.id/

Students Exchange ke UNISSA Brunei Darussalam ini bertujuan untuk meningkatkan keragaman informasi, mengembangkan pola pikir, keterampilan argumentasi, dan kreativitas mahasiswa. Hal itu juga akan memberikan manfaat secara akademis, baik dalam hal penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, harapan dari kunjungan ini adalah akan dapat menjadi aset bagi mahasiswa, serta akses kerja sama yang luas ini akan mampu bersinergi membentuk suatu tujuan dalam menghadapi tantangan global di masa sekarang dan masa mendatang.

Ayo Kuliah dan Daftar di UNISMA Malang sekarang!

Pendaftaran bisa melalui online: http://pmb.unisma.ac.id/

Bersamam Ibu-ibu Dosen UNISSA

Agenda internship program dilakukan dalam bentuk workshop di Darussalam Enterprise (DARE). Disitu mahasiswa mendapat arahan dan gambaran serta diskusi dari para pelaku starup yang sangat semangat dalam menjalankan usahanya. Mendapat respon positif atas program Research Presentation, Research Publication serta Students Product Exhibition, ketika berkunjung di Halal Center, Faculty of Islamic Development serta Faculty of Islamic Finance.


               Di DARE (Darusalam Enterprise)                              

Adapaun mengenai budaya berpakaian sudah tampak kebiasaan warga Brunei, jika ada peretemuan resmi, para bapak pasti menggunakan lilitan sarung. Seperti yang tertera pada foto-foto kegiatan. Perilakunya ramah dan santun serta menunjukkan sangat Islami.  Bahasa disana sangat kental dengan bahasa Melayu. Disana terdapat masjid yang menjadi kebanggaan. Masjid tersebut diberi nama Sultan Omar Ali Saifuddin. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah salah satu masjid paling mengagumkan di Asia Pasifik. Tak heran jika masjid itu menjadi landmark dan daya tarik wisata utama yang ditawarkan Brunei. Masjid yang mendominasi pemandangan Kota Bandar Seri Begawan itu melambangkan kemegahan dan kejayaan Islam yang menjadi agama mayoritas dan agama resmi negara itu. Kami tim dari FIA merasa senang dan teduh berada disana melihat lingkungan yang tenang dan Islami.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin (Wikipedia)

Ayo Kuliah dan Daftar di UNISMA Malang sekarang!

Pendaftaran bisa melalui online: http://pmb.unisma.ac.id/

Kampung Ayer yaitu kawasan rumah terapung menjadi obyek wisata Brunei Darussalam. Dalam kampung tersebut terbagi tipe golongan perumahan.

Kawasan Rumah Apung
kampung Air

Selesai menjalankan program Students Exchange para mahasiswa merasa senang dan gembira. Perjalanan pulang juga sangat menyenangkan. Pihak UNISSA mengantar tim kami sampai ke bandara Seri Begawan. Manfaat yang didapatkan dari kunjungan kegiatan Students Exchange  ini bahwa mahasiswa merasakan dapat menghadapi tantangan global dengan belajar di luar negeri, dan wawasan yang lebih luas serta mereka merasakan menjadi lebih matang. Sebelum perjalanan pulang kami juga berkunjung ke perusahaan minyak The Billionth Barrel sebagai salah satu program kami.

The Billionth Barrel Monument

Alhamdulillah FIA telah melaksanakan senergi dengan UNISSA Brunei Darussalam dalam bentuk Students Exchange yang mewujudkan MoA antara Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang dengan Strategic Planning and Development Office UNISSA . Terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak UNISSA: Bapak Rektor, Bapak Dekan masing-masing fakultas yang kami kunjungi beserta seluruh jajarannya serta Dr. Adam sebagai Director of Strategic Planning and Development Office UNISSA yang telah mengkoordinasikan program ini mulai awal hingga kami pulang dengan sambutan dan pelayanan yang sangat luar biasa dan sukses. Semoga program ini membawa manfaat dan berkah bagi kita semua. Aamiin yaa Rabbal’aalamiin.

Ayo Kuliah dan Daftar di UNISMA Malang sekarang!

Pendaftaran bisa melalui online: http://pmb.unisma.ac.id/

MoA FIA Unisma Malang dengan Director Strategic Planning and Development Office UNISSA, Dr. Adam bin Haji Jait

* Penulis Dr. Hj. Rini Rahayu Kurniati, M.Si adalah Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang (UNISMA Malang) dan Dr. Afifuddin, S.Ag, M.Si., adalah Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FIA UNISMA Malang.

Need Help? Chat with us