Research Exchange Experience SA Pathology Adelaide, South Australia oleh Tazkia Azmi Salima Mahasiswi Fakultas Kedokteran UNISMA Malang

Viewed: 534 times.  

Beberapa tahun silam saya bersama dua teman saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program riset bersama yang diadakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (UNISMA Malang) dengan South Australia Pathology. Kesempatan ini diberikan sekaligus untuk menyelesaikan tugas akhir mahasiswa kami. Kegiatan ini berlangsung selama 6 minggu, dimana minggu pertama kami habiskan dengan perkenalan kota, tempat tinggal dan lingkungan kerja sembari bertukar pikiran mengenai penelitian yang akan kami lakukan selama 5 minggu ke depan.

Pada minggu pertama penelitian, kami dikenalkan dengan Supervisor dan Research fellow di departemen dimana kami mengerjakan penelitian. Departemen yang saya tempati adalah departemen orthopedi dan trauma dengan supervisor Dr. Matthew Prideaux, PhD. Penelitian yang dilakukan di departemen ini fokus pada peran osteoklas dalam sistem fisiologi tulang. Selain itu, kami juga berkesempatan untuk meninjau laboratorium hewan coba serta melihat secara langsung proses pengambilan sampel hewan tersebut.

Seminar mengenai Riset pada tulang

Penelitian saya dimulai dengan melakukan pemindaian sampel hewan menggunakan Faxitron pada minggu pertama, dilanjutkan dengan pemindaian menggunakan MicroCT dan rendering file pada minggu kedua hingga minggu ke empat. Kemudian pada minggu kelima saya diberi kesempatan untuk melakukan staining dan mounting sampel penelitian saya secara mandiri, dan diakhiri dengan melakukan analisa data didampingi oleh supervisor saya pada minggu terakhir.

Hasil Peparat Staining dan Mounting

Ayo Kuliah dan Daftar di UNISMA Malang sekarang!

Pendaftaran bisa melalui online: http://pmb.unisma.ac.id/

Selama proses penelitian, pengambilan hingga analisa sampel saya lakukan secara mandiri didampingi oleh supervisor. Selain itu, saya juga sempat diberikan kepercayaan untuk membantu penelitian supervisor saya. Hal tersebut membuat saya merasa percaya diri dan memotivasi saya untuk menjadikan medical research sebagai karir saya di kemudian hari. Selain itu, kami juga diberikan kesempatan untuk berlatih menggunakan NanoDrop secara mandiri, dan diajak mengikuti kegiatan akademis lain seperti seminar mengenai kesempatan karir dan hasil riset terbaru di bidang penelitian yang kami jalani.

Pemindaian menggunakan Faxitron

Kegiatan yang kami lakukan diluar jam kerja adalah mempelajari kultur, budaya dan mengunjungi tempat wisata. Kami juga mengikuti berbagai macam festival seperti Australia Day, Lunar Year Festival, Fringe Festival, hingga O’Week. Selain itu, kami diundang makan malam oleh Prof. Michael Perkins yang pernah mengisi acara Ilmiah di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. Pada akhir pekan, kami mengunjungi Australia Zoo, Handhorf, Masjid pertama di Adelaide, merasakan drive-in cinema, serta mengikuti kegiatan gathering bersama warga Indonesia yang tinggal di Adelaide.  

Kontingen Indonesia pada parade kebudayaan Australia Day

Selama 6 minggu di Australia, kami di dampingi oleh dr. Rahma Triliana, M.Kes, Ph.D selama 4 minggu, kemudian kami dilepas secara mandiri pada 2 minggu terakhir. Program ini sangat menyenangkan karena kami diterima dengan baik di lingkungan kerja, dan kami memiliki host parent yang siap membantu kami apabila mengalami kesulitan. Sehingga, kami tidak merasakan homesick yang berlebihan dan dapat menyelesaikan tugas kami dengan baik atas bantuan dari semua pihak yang terlibat.

Ayo Kuliah dan Daftar di UNISMA Malang sekarang!

Pendaftaran bisa melalui online: http://pmb.unisma.ac.id/

Sekilas rangkuman singkat mengenai research exchange yang saya rasakan. Detail mengenai perjalanan riset kami dapat dibaca di Portofolio Adealaide Research Exchange Program di perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (UNISMA Malang).

  • Penulis Tazkia Azmi Salima Mahasiswi Fakultas Kedokteran UNISMA Malang.
  • Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi http://www.kui.unisma.ac.id
  • Popular Article atau Rubrik Opini http://www.kui.unisma.ac.id adalah terbuka untuk umum. Panjang naskah sekitar 500-600 kata (berbahasa Indoneisa atau bahasa Internasional). Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  • Naskah dikirim ke alamat e-mail: kui@unisma.ac.id
  • Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim.
Need Help? Chat with us