Belajar Bahasa Rusia dan Mimpi Studi Lanjut ke Luar Negeri oleh Ima Kumalasari, Mahasiswi Program Studi Administrasi Publik, FIA UNISMA Malang Peserta Program Kredit Transfer Internasional

Viewed: 303 times.  

Program Kredit Transfer Internasional 2020 ini sangat bermanfaat untuk saya pribadi maupun fakultas saya. Saya bisa merasakan bagaimana sistem perkuliahan di Moscow University, Samarra, Russia. Pengalaman yang sangat berharga untuk saya bisa menyesuaikan diri dengan perkuliahan di Luar Negeri, selain itu juga menambah relasi kerja sama antara fakultas dengan Universitas di Russia. Saya dan teman-teman mempelajari bagaimana budaya Russia yang berkembang disana jika dibandingkan dengan Indonesia tentu budaya kita memiliki keunikannya tersendiri. Terlepas dari hal tersebut Bahasa Russia yang kami pelajari juga sangat menarik, karena dalam mata kuliah tersebut kita diajarkan mulai dari awal bagaimana Bahasa Russia yang terkenal susah dipelajari akhirnya membuat saya bisa membaca tulisan Russia.

Selain itu menariknya lagi, Bahasa Russia memiliki tingkatan yang berbeda bagaimana menyebut benda dikategorikan laki-laki dan perempuan, kemudian bagaimana penekanan bunyi pada kalimat dengan Bahasa Russia dapat membuat kalimat tersebut menjadi tiga arti yang berbeda dengan kalimat  yang sama. Tentunya sangat menarik, Sopan santun dalam berbahasa juga sangat ditonjolkan dalam Bahasa Russia, contoh pada kata здрастуйте (Zdrastuitye) yang berarti Halo digunakan untuk menyapa orang yang lebih tua (Sebagai bentuk kata yang formal dan sopan), sama halnya dengan Bahasa jawa yang memiliki beberapa tingkatan kesopanan dalam berbicara, kemudian Bahasa Russia Privyet yang berarti halo digunakan untuk menyapa antara sesama teman yang sebaya.

Tidak hanya itu interaksi antara kami mahasiswa Indonesia dengan mahasiswa Russia juga terjalain dengan baik, hingga saat ini saya berteman baik dan berkomunikasi aktif dengan teman-teman baru saya dari Russia. Dosen dan Proffesor di sana juga sangat baik dan sejauh ini saya tidak merasakan ada kendala dari Bahasa yang kami gunakan. Pengalaman tersebut sangat berarti untuk saya, juga semakin membulatkan tekad saya untuk melanjutkan pendidikan saya ke jenjang selanjutnya ke Perguruan Tinggi di Luar Negeri. Terimakasih Kantor Urusan Internasional UNISMA Malang, Terimakasih Universitas Islam Malang dan Terimakasih Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia atas kesempatan bagi saya mengenyam pendidikan di Luar Negeri sebagai dasar bagi saya untuk meneruskan pendidikan saya.

  • Penulis Ima Kumalasari, Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi, Program Studi Administrasi Publik, Peserta Program Kredit Transfer Luar Negeri Moscow Citiy University, Samara Rusia.
  • Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi http://www.kui.unisma.ac.id
  • Popular Article atau Rubrik Opini http://www.kui.unisma.ac.id adalah terbuka untuk umum. Panjang naskah sekitar 500-600 kata (berbahasa Indoneisa atau bahasa Internasional). Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  • Naskah dikirim ke alamat e-mail: kui@unisma.ac.id
  • Redaksi berhak tidak menanyangkan opini yang dikirim.
Need Help? Chat with us