26 January 2022

Awalnya “Deg-degan” Mengikuti Perkuliahan Program Kredit Transfer Bersama Mahasiswa dan Profesor di Rusia oleh Utiya Salma, Mahasiswi Akuntansi FEB UNISMA Malang

Hal paling berkesan dan yang saya syukuri di tahun 2020 adalah berkesempatan untuk ikut dalam program Transfer Kredit Internasional. Program Transfer Kredit Internasional beserta bantuan hibah yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini, sangat membantu saya dalam mewujudkan mimpi saya untuk merasakan suasana kuliah di luar negeri dengan pembelajaran Internasional.

Saya merasa sangat bersyukur dan berbahagia bisa berkesempatan untuk mendapatkan hibah program Transfer Kredit Internasional tahun ini, bersama dengan 6 orang teman lainnya yaitu Imas Masyitoh, Normalasari, Nadian Azizi, Frida Alifah, Ary Hutama dan Ima Kumalasari. Kami ber-tujuh berkesempatan untuk melakukan program Transfer Kredit Internasional dengan salah satu perguruan tinggi di Rusia, yaitu Moscow City University (MCU), Samara Russia.

Pencapaian ini tidaklah bisa terwujud dengan baik tanpa bantuan dari tim KUI UNISMA. Sejak awal, Tim KUI UNISMA sangat mendukung, memotivasi dan juga mendampingi kami dari proses seleksi dan persiapan dokumen beserta persyaratannya hingga kami terpilih untuk mendapatkan hibah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam rangka program transfer credit tahun ini.

Kegiatan program Transfer Kredit Internasional 2020 dilakukan secara daring, karena pandemi covid 19 yang belum juga usai. Pembelajaran dimulai sejak september lalu hingga januari 2021 mendatang dan kami menggunakan Microsost teams sebagai media pembelajaran. Di awal-awal perkuliahan saya sangat antusias walupun juga deg-deg an karena ini kali pertama saya mengikuti perkuliahaan dengan perguruan tinggi luar negeri dan juga pembelajaran dengan mahasiswa internasional. Tapi seiring berjalannya waktu saya mulai terbiasa dan alhamdulillah sejauh ini perkuliahan berjalan dengan baik dan menyenangkan. Apalagi, Dosen dan Mahasiswa disana menyambut kami dengan sangat baik dan mereka juga ramah. Selain baik dan ramah, mereka juga sangat on time dan sangat aktif saat pembelajaran di kelas sehingga pembelajaran terasa sangat menyenangkan.

Dalam program ini, kami mendapatkan 2 mata kuliah pembelajaran yaitu Basic Russian Language and Culture dan Interference in the language and culture. Dalam mata kuliah Basic Russian Language and Culture kami mempelajari materi yang menunjang kemampuan berbahasa Rusia, baik lisan maupun tulisan. Mata kuliah ini, adalah mata kuliah favorite saya karena banyak kata kata baru dalam bahasa rusia yang kami pelajari dan kami bisa langsung praktik untuk mengucapkannya. Sedangkan untuk mata kuliah Interference in the language and Culture kami mempelajari tentang kebahasaan dan juga budaya. Mata kuliah ini tidak kalah seru karena pada mata kuliah ini kami membahas materi seperti communication between nation, cross culture communication, intercultural communication, the nature of language,taboo words and euphemism , dan lain sebagainya. Hal yang cukup berkesan di mata kuliah ini adalah beberapa dari kami diberikan kesempatan untuk mempresentasikan bahasa dan budaya Indonesia pada saat perkuliahaan, begitu juga dengan mahasiswa Rusia. Sehingga , kami bisa saling mengenal lebih dalam serta bisa saling bertukar informasi tentang bahasa dan budaya masing masing negara.

Selain pembelajaran di kelas, biasanya kami juga berinteraksi lewat sosial media dan saling bertukar pesan satu sama lain, sehingga kami tetap bisa berteman dan berkomunikasi dengan baik. Walaupun pembelajaran dalam program transfer credit ini dilakukan secara daring, namun program ini merupakan pengalaman yang luar biasa dalam hidup saya. Banyaknya dampak positif yang saya dapatkan saat program Transfer Kredit Internasional ini, mendorong saya untuk terus bermimpi  dan berusaha mewujudkannya serta menjadi lebih baik kedepannya. Semoga program ini dapat terus berlanjut dan semakin banyak mahasiswa yang berkesempatan untuk mengikuti program ini dan semoga suatu saat saya bisa berkunjung ke Rusia ataupun negara lainnya untuk belajar dan mendapat pengalaman lebih banyak lagi.

  • Penulis Utiya Salma, Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Akuntansi Peserta Program Kredit Transfer Luar Negeri Moscow Citiy University, Samara Rusia.
  • Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi http://www.kui.unisma.ac.id
  • Popular Article atau Rubrik Opini http://www.kui.unisma.ac.id adalah terbuka untuk umum. Panjang naskah sekitar 500-600 kata (berbahasa Indoneisa atau bahasa Internasional). Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  • Naskah dikirim ke alamat e-mail: kui@unisma.ac.id
  • Redaksi berhak tidak menanyangkan opini yang dikirim.
Need Help? Chat with us