Informasi

UNISMA Develop Cooperation

Kamis, 20 Oktober 2016 - 10:59 WIB
Diposting oleh: KUI UNISMA - Kategori: Berita

Sebagai sebuah lembaga pendidikan, Universitas Islam Malang (Unisma) memiliki tanggung jawab untuk ikut serta dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Berbagai program yang dicanangkan kampus tersebut, bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, sekaligus menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa dan dosen.

Salah satu upaya yang dikembangkan secara intensif, adalah dengan memperkuat jaringan dan kemitraan melalui kerjasama dengan stakeholder pihak-pihak terkait. Kerjasama tersebut melingkupi instansi-instansi pemerintah, swasta, institusi pendidikan negeri dan swasta di tingkat local, regional, dan nasional, hingga kerjasama tingkat internasional.

Di tingkatkan lokal dan regional, Unisma bekerja sama diantaranya dengan Pemerintah Kota dan Kabupaten Malang, Kota Batu, Sampang, Probolinggo, Pacitan. Dengan instansi pemerintah dan BUMN/BUMS, serta Perguruan Tinggi (PT) besar di Malang Raya.

Sementara di tingkat nasional, lanjutnya, Unisma menjalin kerjasama dengan Kemendikbud, Kemenag, Kementerian PU, Kemenakertrans, dan Kementerian PDT. Bidang-bidang yang dikembangkan, jelas Masykuri selain disesuaikan dengan imbauan masing-masing kementerian, juga member kesempatan pihak Universitas untuk menggunakan rekayasa baru. Sehingga, program tersebut juga member imbas berupa pengayaan wawasan dosen dan mahasiswa Unisma.

Program yang dikembangkan, misalnya dengan melibatkan dosen dan mahasiswa dalam melibatkan dosen dan mahasiswa dalam pemberdayaan mantan Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Dalam hal ini, Unisma memetakan beberapa daerah yang merupakan kantong-kantong TKI di Indonesia seperti Kabupaten Malang, Tulungagung, dan Trenggalek. Setelah memetakan kebutuhan mereka melalui diskusi dan brainstorming, mereka dipacu untuk mengembangkan wirausaha di daerah masing-masing dengan dibantu oleh SDM dari Unisma.

Demikian juga dengan kerjasama internasional, Unisma menggandeng Kedutaan Arab Saudi dan Forum Kedokteran Islam (FOKI) se-Asia Tenggara. Selain itu, kampus ini juga mengembangkan jejaring kerjasama dengan beberapa PT di Cina dan Malaysia di bidang penelitian, publikasi ilmiah, pertukaran dosen dan mahasiswa, serta seminar internasional.