26 January 2022

Mimpi Menjadi Speaker di International Event: Pengalaman Kredit Transfer di Moscow City University, Samara Rusia oleh Imas Masyithoh Mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNISMA Malang

Mungkin kira-kira setahun lalu, ketika saya ditanya tentang resolusi 2020 oleh salah satu dosen di Pendidikan Bahasa Inggris saat kelas berlangsung – “Saya bisa memenuhi mimpi-mimpi saya, salah satunya adalah bisa menghadiri konferensi di luar negeri.” Begitu jawaban saya yang saat itu tidak tahu bagaimana cara mewujudkannya. Satu hal yang saat itu dan akan terus saya yakini adalah sesuatu yang besar akan datang di kehidupan saya, dan mimpi-mimpi besar saya akan segera terwujud. Dan itu benar, saya dan enam mahasiswa UNISMA Malang lolos Program Bantuan Dana Transfer Kredit Internasional 2020 dari Kementerian Pendidikan dan Kebuayaan RI, sehingga kami bisa mengikuti program transfer kredit di Moscow City University, Samara Branch, Russia. 

Pertemuan kelas daring pertama di Fall Semester MCU (September – Januari) adalah hal yang sedikit membuat saya dipenuhi pertanyaan “Apakah saya bisa memahami penjelasan professor?” “Bagaimana kalau mahasiswa Rusia tidak paham apa yang saya katakan saat kita berdiskusi?” dan beberapa pertanyaan serupa. Namun, ternyata semua hanya overthinking. Di dua kelas yang kami ikuti – Basic Russian Language dan Interference in Languages and Cultures, beberapa professor dan associate professor yang mengajar dengan metode Contextual Learning, sehingga kami bisa memahami pembelajaran lebih baik. Salah satu contoh alur kelas adalah, ketika professor selesai menjelaskan di kelas Basic Russian Language, mahasiswa UNISMA Malang dan Mahasiswa MCU langsung mengaplikasikan beberapa kosakata Rusia dalam bentuk percakapan, begitu pula untuk kelas Interference in Languages and Cultures, kami berdiskusi dan bertukar informasi tentang budaya Indonesia dan Rusia, seperti makanan khas, baju daerah, hingga sejarah Indonesia dan Rusia. Ya, mahasiswa Rusia sangat ramah dengan mahasiswa UNISMA Malang, terlebih saya berpikir kami saling memahami bahwa kami sama-sama English as Foreign Language (EFL) Learners yang menyambung language barrier yang kami alami. Itulah yang membuat diskusi berjalan baik.

Selain pembelajaran di kelas, saya dan empat mahasiswa UNISMA Malang juga diberi kesempatan untuk menjadi speaker bersama mahasiswa Rusia di konferensi Moscow City University – Science Juice 2020 yang bertemakan “Linguoculture in Modern World” dan kami mahasiswa UNISMA Malang mengisi panel diskusi dengan judul “Language and Culture of Indonesian Millennial Era.” Pengalaman ini sangat bermakna bagi kami, terlebih untuk saya karena ini adalah pengalaman pertama saya menjadi pembicara dalam salah satu konferensi. Ya, ini adalah salah satu dari mimpi-mimpi saya yang terwujud di 2020. Alhamdulillah.

Sebagai penutup, saya dan enam teman saya lainnya berterima kasih kepada Kemdikbud, segenap pimpinan UNISMA Malang, Kepala Kantor Urusan Internasional beserta staf sehingga kami dapat mengikuti program transfer kredit ini dan mendapatkan banyak pengalaman baru yang bermanfaat. Kami harap program transfer kredit internasional ini terus berlanjut di tahun-tahun mendatang, sehingga civitas akademika UNISMA Malang semakin dekat dalam mewujudkan misi ‘World Class University’.

  • Penulis Imas Masyithoh, Mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Peserta Program Kredit Transfer Internasional ke Moscow City University, Samara, Rusia
  • Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi http://www.kui.unisma.ac.id
  • Popular Article atau Rubrik Opini http://www.kui.unisma.ac.id adalah terbuka untuk umum. Panjang naskah sekitar 500-600 kata (berbahasa Indoneisa atau bahasa Internasional). Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  • Naskah dikirim ke alamat e-mail: kui@unisma.ac.id
  • Redaksi berhak tidak menanyangkan opini yang dikirim.
Need Help? Chat with us