3 December 2021

It’s Been Such an Amazing Experience: Diskusi di Luar Kelas Bersama Mahasiswa Rusia oleh Nadian Azizi, Mahasiswa Akuntansi FEB UNISMA Malang Peserta Program Kredit Transfer Internasional

Tahun ini adalah tahun paling berharga dan sangat berarti untuk saya, karena saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti progam Kredit Transfer Internasional di Luar Negeri melalui pendanaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Kantor Urusan Internasional UNISMA Malang sangat berperan penting dalam hal ini, karena sangat support bahkan membantu kami baik sebelum mengikuti progam (seleksi) maupun setelah saya dinyatakan lolos.

Sedikit cerita yang ingin saya sampaikan saat pertama kali mendengar ada progam kredit transfer, waktu itu saya sangat pesimis karena pesaing dari kampus saya sendiri juga banyak, sekitar 100 lebih pesaing. Dan Alhamdulillah saya bisa Lolos dan mendapatkan dana hibah bersama dengan 6 orang teman lainnya yaitu Imas Masyitoh, Normalasari, Nadian Azizi, Frida Alifah, Ary Hutama dan Ima Kumalasari. Kami ber-tujuh berkesempatan untuk melakukan program Transfer Kredit Internasional dengan salah satu perguruan tinggi di Rusia, yaitu Moscow City University, Samara Russia.

Diskusi Daring di Luar Jam Perkuliahan

It’s been such an amazing experience, yang saya dapatkan di progam tersebut, mulai dari aspek edukasi, maupun relasi, saya mendapatkan banyak benefit dan ilmu yang saya serap juga begitu banyak. Selain itu saya juga mendapat banyak teman khususnya di kampus tujuan kami, yaitu Moscow City University (MCU), Samara Russia. Mereka sangat ramah mengajari saya tentang materi yang diajarkan, baik di dalam kelas, bahkan di luar jam kelas mereka tetap antusias berdiskusi dengan saya. Begitu pula dengan dosen-dosen di sana sangat baik dan sangat sabar. Dalam pemberian tugaspun juga mantappp hehehe. Harapan saya di tahun depan, semoga alumni Kredit Transfer 2020 bisa Sit in langsung di kampus tujuan kami pada tahun 2021 setelah pandemi usai, karena pihak kampus Rusia juga sangat menunggu-nunggu kedatangan kami. Saya sangat sangat menginginkan bisa belajar langsung di Rusia, semoga bisa terlaksana di tahun depam, Amin Yra.

  • Penulis Nadian Azizi, Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Akuntansi Peserta Program Kredit Transfer Luar Negeri Moscow Citiy University, Samara Rusia.
  • Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi http://www.kui.unisma.ac.id
  • Popular Article atau Rubrik Opini http://www.kui.unisma.ac.id adalah terbuka untuk umum. Panjang naskah sekitar 500-600 kata (berbahasa Indoneisa atau bahasa Internasional). Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  • Naskah dikirim ke alamat e-mail: kui@unisma.ac.id
  • Redaksi berhak tidak menanyangkan opini yang dikirim.
Need Help? Chat with us